Jumat, 08 Juli 2011

Belanja Online Kok Masih Bermasalah?

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
(News Today) - Belanja dan bertransaksi online memang praktis, memudahkan, hemat waktu dan tenaga. Anda bisa memilih dan membeli barang atau jasa, di mana saja dan kapan saja. Kemacetan di jalan yang seringkali memupuskan hasrat belanja, tak lagi jadi kendala. Namun, meski berbagai penyedia layanan jasa belanja online merancang sistem belanja yang user friendly, tetap saja pembeli masih bermasalah dalam bertransaksi.

Penyedia layanan daily deals, DealKeren, juga mengakui, beberapa anggotanya masih mengalami masalah dalam berbelanja online. Meski pun cara belanja hingga cara pembayaran dijelaskan secara mendetil setiap kali akan bertransaksi, tetap saja masih banyak yang awam dengan cara belanja di era internet ini.

"Belanja online memang masih menjadi sesuatu hal yang baru bagi masyarakat Indonesia. Karenanya yang perlu dilakukan adalah edukasi terus menerus," jelas Adrian Suherman, Chief Executive Officer (CEO) Dealkeren, di Jakarta beberapa waktu lalu.

Sejumlah kendala masih ditemui pebelanja online, kata Adrian. Ia menyebutkan, kendala yang masih dihadapi di antaranya pembayaran dan produk yang ditawarkan. Lebih lanjut Adrian menjelaskan, dalam melakukan pembayaran manual (dengan transfer ke rekening DealKeren), biasanya nomor order lupa disertakan.

"Seringkali pembeli mengeluhkan karena merasa sudah bayar, namun tidak menerima konfirmasi bahwa pembayaran sudah dilakukan. Uang memang sudah masuk ke rekening DealKeren, namun sistem tidak bisa membaca uang itu untuk transaksi apa dan milik siapa, karena biasanya kesalahannya pembeli tidak menyertakan nomor order saat transfer uang," jelas Adrian menambahkan, cara pembayaran sebenarnya sudah dituliskan dengan jelas. Sehingga pembeli hanya perlu teliti mengikuti langkah-langkahnya dengan tepat sesuai penjelasan yang diberikan.

Selain lupa menyertakan nomor order, masalah belanja online biasanya terjadi karena masalah koordinasi. Saat membeli deal melalui situs DealKeren, pembeli kemudian melakukan pembayaran. Selanjutnya, pembeli akan menerima konfirmasi melalui akun di situs DealKeren bahwa produk atau layanan jasa yang dibelinya bisa dipergunakan. Lalu pembeli mencetak voucher dari akun tersebut. Kemudian pembeli membawa voucher yang sudah dicetak tersebut ke toko, restoran, atau merchant yang menjual produk atau jasa yang dibelinya.

"Terkadang, merchant yang sudah memiliki banyak cabang ini kurang berkoordinasi. Sehingga saat pembeli datang, merchant tidak mengetahui mengenai voucher tersebut," jelas Adrian.

Untuk menjawab semua masalah tersebut, Adrian menegaskan pentingnya edukasi kepada konsumen mengenai sistem belanja online. Selain juga, pembeli perlu rajin membaca syarat dan ketentuan berlaku dari setiap penawaran yang dibelinya. Dengan teliti mengikuti setiap tahapan yang sudah dijelaskan mendetil, semestinya tidak akan ada lagi masalah dalam belanja online.

Source : kompas

noreply@blogger.com (News Today) 08 Jul, 2011


--
Source: http://www.newsterupdate.com/2011/07/belanja-online-kok-masih-bermasalah.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar