Minggu, 17 Juli 2011

Jangan Merawat Mata dengan Tumbuhan Ini

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
(News Today) - Kebiasaan sederhana merawat mata kerap kali dilakukan di rumah. Alasan utamanya, memanfaatkan bahan alam yang ada dan diyakini bisa merawat mata. Sebut saja mentimun yang dipotong bundar, lalu menempelkannya pada area luar mata. Ada juga bagi beberapa orang, daun sirih yang kaya antiseptik dimanfaatkan untuk membersihkan mata.

"Sebaiknya hindari tumbuhan seperti mentimun, daun sirih, atau lainnya untuk merawat mata karena tumbuhan itu mengandung jamur. Produk tumbuhan kalau tidak diproses farmasi tidak bisa dipastikan keamanannya," ujar opthalmologist, dr Tri Rahayu, SpM, FIACLE, yang juga adalah Kepala Divisi Refraksi & Lensa Kontak Departemen Mata FKUI RSCM kepada Kompas Female di Jakarta.

Infeksi jamur
Menurut dr Tri, meski daun sirih direbus untuk kemudian digunakan membersihkan mata (sebagai pengganti obat tetes mata), spora jamur tidak mati. Begitu pun pada mentimun, tidak bisa dipastikan apakah mentimun yang ditempelkan pada mata bebas jamur.

Kekhawatirannya adalah spora jamur ini bisa menyebabkan infeksi jamur pada mata. "Spora jamur pada tumbuhan ini bisa menyebabkan luka yang tidak diketahui pada mata atau disebut mikrotrauma. Spora jamur ini bisa menyebabkan infeksi jamur pada mata. Kalau sudah infeksi jamur pada mata, gangguan pada mata sulit disembuhkan," ucapnya.

Kompres dengan kapas
"Jika mata Anda terasa lelah, gatal, atau bahkan bengkak, maka kompres saja dengan kapas yang diberi air hangat atau air dingin," saran dr Tri.

Dokter spesialis mata yang juga Ketua Contact Lens Center Jakarta Eye Center ini menyarankan, sebaiknya kompres mata dilakukan menggunakan kapas yang diberi air dingin untuk mengatasi mata gatal dan alergi.

Untuk mengatasi bengkak pada mata bagian luar, sebaiknya kompres dengan kapas yang diberi air hangat.

Source : kompas

noreply@blogger.com (News Today) 18 Jul, 2011


--
Source: http://www.newsterupdate.com/2011/07/jangan-merawat-mata-dengan-tumbuhan-ini.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar