Jumat, 08 Juli 2011

Tak Ada Kaus Merah di Kabinet Yingluck

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
Bangkok (News Today) - Tidak akan ada pemimpin kelompok Kaus Merah dalam kabinet yang akan dibentuk Yingluck Shinawatra, pemimpin Partai Puea Thai, pemenang pemilu Thailand.Kelompok Kaus Merah adalah pendukung militan Thaksin Shinawatra. Tahun lalu ribuan anggota Kaus Merah menduduki Bangkok selama berminggu-minggu dan berakhir dengan kerusuhan yang menewaskan puluhan orang.

Kemenangan Puea Thai menjadikan Yingluck sebagai perdana menteri perempuan pertama di Thailand.

Yingluck sendiri tidak menutup kemungkinan memasukkan tokoh kelompok pendukung kakaknya, Thaksin Shinawatra, dalam kabinetnya. Namun beberapa sumber dalam Puea Thai mengatakan, partai itu seharusnya tidak membiarkan para pemimpin Kaus Merah menodai citra positif partai tersebut.

"Citra kabinet baru ini harus sangat baik karena harapan rakyat yang sangat tinggi. Kami sudah menumbuhkan pohon dan tidak akan membiarkan apapun menghancurkannya," kata sumber itu setelah Yingluck mengumumkan koalisi pimpinan Puea Thai, Senin (4/7/2011).

"Ini kesempatan terakhir bagi partai. Jika Puea Thai membiarkan masalah baru muncul, partai ini tidak hanya tak bisa bertahan, tetapi klan Shinawatra akan habis," imbuh sumber dalam partai itu.

Puea Thai berkoalisi dengan empat partai lain, yakni Chart Thai Pattana, Chart Pattana Puea Pandin, Palang Chon, dan Mahachon. Menurut hasil tak resmi pemilu, koalisi itu memiliki 299 kursi di parlemen, dan 265 di antaranya milik Puea Thai.

Yingluck, adik bungsu mantan perdana menteri Thaksin Shinawatra, mengatakan masih menunggu pengumuman resmi hasil pemilu oleh Komisi Pemilihan Umum.

"Pada kesempatan ini saya menguncapkan terima kasih pada para pemimpin partai yang sudah menunjukkan itikad baik untuk bekerja sama dengan kami dalam menyelesaikan masalah negara ini. Ini kemauan bersama lima partai politik dan saya bertekad untuk melayani rakyat," kata Yingluck.

Dia menambahkan, dengan memiliki mayoritas kursi di majelis rendah, dia yakin pemerintahannya bakal stabil.

Yingluck berjanji akan memilih orang yang mumpuni dalam kabinetnya. Saat ditanya apakah dia bakal memasukkan para pemimpin Kaus Merah menjadi menterinya, Yingluck menyatakan akan mempelajari hal itu secara detail dan membicarakannya dengan orang lain.

Ditanya soal kemungkinan memberi amnesti politik, Yingluck kembali menegaskan partainya tidak memiliki kebijakan memberi amnesti pada individual, yang dimaksud adalah Thaksin.

Sebuah sumber di Puea Thai mengatakan partai-partai kecil dalam koalisi itu sudah mengajukan beberapa nama untuk masuk dalam kabinet.

Source : kompas

noreply@blogger.com (News Today) 09 Jul, 2011


--
Source: http://www.newsterupdate.com/2011/07/tak-ada-kaus-merah-di-kabinet-yingluck.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar