Sabtu, 09 Juli 2011

Suriah Lakukan Kejahatan Kemanusiaan

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
London (News Today) - Amnesty International, Rabu, menuduh pemerintah Suriah melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan dalam menghadapi massa protes pro-demokrasi di sebuah kota kecil di perbatasan Lebanon.

Kelompok hak asasi manusia yang berpusat di London tersebut mendesak PBB agar melakukan tindakan sehubungan dengan serangan oleh pasukan keamanan dan militer di Tall Kalakh pada Mei lalu, di tengah protes yang telah melanda negeri itu terhadap pemerintahan Presiden Bashar al-Assad. Di dalam satu laporan, Amnesty melontarkan tuduhan mengenai penyiksaan, kematian di dalam penjara, dan penahanan secara sewenang-wenang dalam tindakan keamanan yang berlangsung selama beberapa hari di kota kecil di dekat perbatasan dengan Lebanon tersebut.

"Keterangan yang telah kami dengar dari saksi mata mengenai peristiwa di Tall Kalakh memberi gambaran yang sangat mengganggu tentang penyalahgunaan kekuasaan secara terarah dan sistematis guna memadamkan ketidakpuasan," kata Philip Luther, wakil direktur Urusan Afrika Utara dan Timur Tengah di Amnesty International.

Pasukan keamanan dan militer memasuki kota kecil itu pada 14 Mei, setelah protes anti-pemerintah, kata laporan itu sebagaimana dilansir AFP. Laporan tersebut berdasarkan wawancara dengan lebih dari 50 orang yang diajak bicara oleh Amnesty melalui telepon dan di Lebanon.

Kelompok hak asasi manusia itu belum diperkenankan memasuki Suriah. Banyak warga laki-laki dikumpulkan dan sebagian besar dari mereka yang ditahan telah disiksa. Sedikitnya sembilan orang tewas di dalam tahanan, demikian perhitungan yang diberikan Amnesty.

"Amnesty International menganggap kejahatan yang dilakukan di Tall Kalakh adalah kejahatan kemanusiaan," demikian antara lain isi pernyataan kelompok tersebut.

Luther mengatakan, "Sebagian besar kejahatan yang digambarkan dalam laporan ini akan termasuk di dalam jurisdiksi Mahkamah Kejahatan Internasional. Tapi Dewan Keamanan PBB mula-mula harus merujuk situasi di Suriah ke jaksa penuntut umum di pengadilan itu."

Protes anti-pemerintah terhadap kekuasaan Bashar meletus pada pertengahan Maret. Aksi tersebut diilhami oleh revolusi di negara lain di dunia Arab. Pemrotes telah membangkang terhadap penindasan mematikan oleh pemerintah guna memadamkan demonstrasi di banyak bagian negeri itu. Kelompok hak asasi manusia menyatakan lebih dari 1.300 warga sipil telah tewas sejak protes meletus.

Sementara itu tank Suriah, Selasa (5/7), mengepung kota Hama, kata penduduk dan aktivis. Pemerintah mengancam akan melancarkan serangan berskala luas di kota itu, setelah protes besar terhadap pemerintah Bashar al Assad.

Source : kompas

noreply@blogger.com (News Today) 10 Jul, 2011


--
Source: http://www.newsterupdate.com/2011/07/suriah-lakukan-kejahatan-kemanusiaan.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar