Senin, 06 Juni 2011

AS Bakal Boikot KTT Rasisme

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
Washington (News Today) - Amerika Serikat (AS) tidak akan berpartisipasi dalam pertemuan puncak PBB Durban III mengenai rasisme September ini, yang akan memperingati 10 tahun sejak konferensi Deklarasi Durban 2001 yang kontroversial, kata beberapa pejabat, Jumat (3/6/2011).

"Kami tidak akan berpartisipasi dalam peringatan Durban itu. Pada Desember, kami memutuskan menentang resolusi untuk mengadakan peringatan itu karena kami yakin proses Durban itu mencakup pameran ketidaktoleranan dan anti-Semitisme dan kami tidak ingin melihat itu dirayakan," kata juru bicara Deplu AS Mark Toner. Pemerintah Presiden Barack Obama telah memberi tahu anggota-anggota parlemen mengenai keputusan itu pada awal pekan ini, mengikuti Kanada dan Israel dalam memboikot acara itu.

Ileana Ros-Lehtinen, pemimpin Republik di Komisi Urusan Luar Negeri DPR AS, menyatakan "puas" dengan keputusan itu. Ia mengatakan akan menjadi "seperti pendahulunya... tidak ada keraguan (pertemuan puncak) itu akan dibajak oleh kaum ektremis dan berubah menjadi perayaan kebencian anti-Barat, anti-Israel, anti-Semit".

Sikap itu didukung oleh dua partai politik, dengan senator Demokrat Kirsten Gillibrand mengatakan, merupakan "penghinaan pada Amerika bahwa PBB memutuskan untuk mengadakan konferensi Durban III di New York hanya beberapa hari dari ulang tahun ke-10 serangan 11 September".

"Kita semua telah menyaksikan bagaimana suara ekstrem anti-Semit dan anti-Amerika mengambil alih Durban I dan Durban II dan kami dapat memperkirakan hal yang sama akan terjadi pada Durban III," ujarnya.

Israel mengikuti AS dalam menentang resolusi Majelis Umum PBB pada Desember untuk mengadakan tindak lanjut Konferensi Dunia Menentang Rasisme pada 2001 di kota Durban, Afrika Selatan. Resolusi itu disahkan dengan 104 banding 22 suara, dengan 33 abstain. Konferensi 2001 telah ditandai dengan perselisihan sengit dan walkout karena rencana yang mencakup kecaman pada zionisme dalam deklarasi akhirnya. Israel dan AS melakukan aksi walkout dengan mengeluhkan anti-Semitisme.

Sembilan pemerintah—termasuk Kanada, AS, Australia, Israel, Jerman, dan
Inggris—telah memboikot pembicaraan Durban II tahun lalu di Geneva karena kekhawatiran akan anti-semitisme.

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad telah menggunakan konferensi itu sebagai platform untuk melancarkan serangan keras terhadap Israel.

Source : kompas

noreply@blogger.com (News Today) 06 Jun, 2011


--
Source: http://www.newsterupdate.com/2011/06/as-bakal-boikot-ktt-rasisme.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar