Jumat, 24 Juni 2011

China Bakal Relokasi Industri ke Indonesia

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
Beijing (News Today) - Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa dan Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengadakan pertemuan dengan Menteri Perdagangan China Chen Deming membahas Perjanjian Perdagangan Bebas ASEAN-China. Pertemuan itu menegaskan perlunya dilakukan perdagangan bilateral yang berkelanjutan dan berimbang antara dua negara.

Penjelasan itu disampaikan Mari Elka di Beijing, China, Rabu (22/6/2011). Wartawati Kompas Dewi Indriastuti melaporkan, pertemuan di Kantor Menteri Perdagangan China di Beijing itu berlangsung sekitar satu jam.

"Menteri Perdagangan China menyebutkan, China dalam proses restrukturisasi. Hal ini karena tidak kompetitif lagi dalam padat karya. Penyebabnya, tenaga kerja mahal dan nilai yuan mengalami apresiasi," kata Mari.

Oleh karena itu, ada rencana untuk merelokasi industri dari China ke Indonesia. Industri itu, di antaranya, adalah industri yang selama ini dianggap memiliki masalah, seperti tekstil, garmen, sepatu, dan mainan anak-anak. "Industri ini kan yang tahun lalu diidentifikasi sebagai industri yang bermasalah," tambah Mari.

Namun, jawabannya masih harus dicari. Apakah benar relokasi, atau justru investasi di Indonesia. Hal ini juga membutuhkan kerja sama antara kamar dagang dan industri China dan Indonesia.

Source : kompas

noreply@blogger.com (News Today) 25 Jun, 2011


--
Source: http://www.newsterupdate.com/2011/06/china-bakal-relokasi-industri-ke.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar