Kamis, 30 Juni 2011

Robot yang Pintar Memeluk

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
Sense Roid, robot yang pintar memeluk saat pengguna memeluknya.

(News Today) - Pelajar asal Jepang menciptakan robot yang mungkin membantu pemiliknya mengatasi kesendirian. Bernama Sense Roid, robot yang dikembangkan bisa memeluk penggunanya ketika pengguna pun memeluknya. Jadi, siapapun yang merasa sendiri, ia tinggal mengatakan, "Oh, peluklah aku robot kekasihku," dan si robot pun segera memeluk.

Dibuat oleh tim dari University of Electro-Communication, Jepang, Sense Roid berbentuk seperti manekin yang memakai jaket. Permukaan robot ini terbuat dari bahan silikon dan dilengkapi dengan sensor tekanan sehingga bisa menjalankan fungsinya. Untuk mendapatkan pelukan obot, seseorang harus menmakai jaket yang diperlukan.

Ketika jaket robot dan jaket pengguna bertemu, maka ada tekanan akibat udara dan getaran akan tercipta sehingga menstimulasi robot untuk membuat gerakan pelukan. Sense Roid membuat gerakan pelukan dengan meniru gerakan pengguna yang memeluknya. Robot mendeteksi gerakan pengguna dengan sesnor mikro yang dimilikinya hingga akhirnya membuat gerakan secara real time. Jadi, bisa dikatakan bahwa pngguna sedang memeluk dirinya sendiri.

Nobuhiro Takahashi, salah satu yang ikut membuat, mengatakan, "Banyak orang merasa terkejut dan tak nyaman dengan pengalaman tak biasa ini, tapi mereka perlahan mulai menyesuaikan dan akhirnya merasa nyaman." Banyak orang merasa nyaman ketika memeluk pacarnya dan Takahashi penasaran perasaan orang ketika memeluk dirinya sendiri.

Takahashi menambahkan, robot ini bisa dipakai untuk membantu terapi medis atau memberi kenyamanan kepada orang tua yang hidup sendiri. Meski demikian, sejauh ini belum ada rencana untuk memproduksi robot ini secara massal.




Source : kompas

noreply@blogger.com (News Today) 01 Jul, 2011


--
Source: http://www.newsterupdate.com/2011/07/robot-yang-pintar-memeluk.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar