Rabu, 29 Juni 2011

Waralaba Malaysia Siap Ekspansi ke Indonesia

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
Jakarta, Indonesia (News Today) - Bisnis waralaba (franchise) Malaysia akan melakukan ekspansi ke pasar Indonesia. Hal ini disambut baik oleh Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu.

"Jadi intinya franchise Indonesia bisa juga berkembang di luar Indonesia, termasuk di Malaysia. Mungkin karena kesamaan dan kedekatan kultur dan selera konsumen, mungkin bagus ya. Sebaliknya di sini, mereka (Malaysia) juga ingin mengembangkan franchise Malaysia. Jadi ini, kalau menurut saya sih, bagian dari Program ASEAN, itu baguslah ya," ungkap Mari, setelah menghadiri rapat koordinasi sejumlah menteri terkait moratorium TKI dan penghematan anggaran 2011 di Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (27/6/2011).

Mari menyebutkan, bisnis waralaba Malaysia yang akan mencoba berekspansi di Indonesia adalah produk spa dan beauty, termasuk pelayanan perawatannya. Saat ini bisnis waralaba asal negeri jiran tersebut yang telah banyak membuka cabang ialah Roti Boy.

Namun, Mari menegaskan bahwa bisnis waralaba Indonesia juga banyak yang berekspansi ke luar Indonesia. "Kita juga mungkin saling belajar ya bagaimana mereka mengembangkan franchise. Kalau mereka itu cukup terstruktur, sampai dengan mempunyai perusahaan yang dibina oleh pemerintah," ungkapnya, yang menjelaskan pertemuannya dengan Menteri Perdagangan Malaysia beberapa waktu lalu, di Jakarta.

Jadi, lanjut Mari, Pemerintah Malaysia itu memberi dana bagi franchise pemula agar dapat berkembang. "Kedua, yang kita bahas adalah mereka ingin belajar dari kita mengenai KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha). Karena mereka sedang menyusun undang-undang persaingan yang sehat," katanya.

Mari menuturkan, Indonesia sendiri telah mempunyai KKPU sejak sepuluh tahun yang lalu.

Source : kompas

noreply@blogger.com (News Today) 30 Jun, 2011


--
Source: http://www.newsterupdate.com/2011/06/waralaba-malaysia-siap-ekspansi-ke.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar