Senin, 06 Juni 2011

Jumlah Penerima Adipura 2011 Berkurang

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
Jakarta, Indonesia (News Today) - Jumlah peraih penghargaan Adipura untuk kota/kabupaten terbersih di Indonesia dipastikan menurun atau kurang dari 100 daerah. Ini karena kriteria penilaian diperketat dan tim penilai berasal dari sejumlah daerah. Penghargaan ini akan diberikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada peringatan Hari Lingkungan Hidup pada 7 Juni 2011 di Istana Merdeka Jakarta.

"Yang pasti jumlahnya turun. Kurang dari 100. Jumlahnya tidak bisa saya sebutkan sekarang. Nanti presiden yang mengumumkan," ucap Gusti Muhammad Hatta, Menteri Lingkungan Hidup, Sabtu (4/6/2011) di sela-sela Pekan Lingkungan Hidup Indonesia di Senayan Jakarta.

Jumlah ini jauh lebih sedikit dibanding tahun 2010 yang mencapai 140 daerah penerima. Banyaknya penerima ini menyebabkan pergunjingan dan tanda tanya keakuratan dan obyektivitas penilaian Adipura. Bahkan, ada yang menilai piagam Adipura itu hanya diobral.

Menteri Gusti Hatta menjelaskan, kritikan itu membuat Kementerian Lingkungan Hidup memperketat penilaian. Selain kriteria penilaian ditingkatkan, pemantauan lokasi pada tahun ini dilakukan 100 persen, tidak 70 persen seperti tahun-tahun lalu.

Lebih lanjut, penilaian pun dilakukan tim secara silang. Misalnya, untuk kota/kabupaten di Jawa, tim penilai berasal dari Sulawesi. "Kami berusaha untuk meningkatkan kualitas penilaian sehingga benar-benar obyektif dan tepat," ucapnya.

Penilaian Adipura 2011 telah dimulai tahapan pertamanya pada November 2010 dengan diikuti 378 kabupaten/kota. Di antaranya hanya lolos 180 kabupaten/kota.

Seleksi dilakukan tiga kali dan setiap tahap harus meraih nilai minimal 71. Hal ini untuk menjaga konsistensi daerah dalam menjaga lingkungannya. Hasil tim seleksi dari akademisi dari berbagai universitas di Indonesia itu diberikan kepada Dewan Adipura untuk dimatangkan.

Source : kompas

noreply@blogger.com (News Today) 07 Jun, 2011


--
Source: http://www.newsterupdate.com/2011/06/jumlah-penerima-adipura-2011-berkurang.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar