Selasa, 17 Mei 2011

Endeavour Meluncur ke Luar Angkasa

(News Today) - Setelah sempat tertunda dua minggu, pesawat ulang-alik Endeavour akhirnya diluncurkan ke International Space Station (ISS) hari Senin (16/5/2011) pukul 08.56 EDT, atau sekitar pukul 20.00 WIB semalam. Peluncuran itu menandai misi ke-25 sekaligus terakhir dari pesawat ulang-alik tersebut.

"Ini peluncuran yang fantastis, hari yang sangat baik bagi kami. Kami senang bisa berada kembali di orbit," kata Mike Moses, kepala tim manajemen peluncuran. Direncanakan, Endeavour akan berada di ISS selama 16 hari.

Endeavour membawa enam astronot, yakni Mark Kelly (komandan), Gregory H Johnson (pilot), Michael Fincke (spesialis misi), Greg Chamitoff, Andrew Feustel, dan seorang astronot dari Badan Ruang Angkasa Eropa (ESA), Roberto Vittori.

Misi utama Endeavour kali ini adalah mengantarkan Alpha Magnetic Spectrometer (AMS), peralatan penting yang diperlukan untuk penelitian antimateri, materi gelap, dan sinar kosmos. Dengan penelitian itu, diharapakan misteri penciptaan semesta bisa terkuak.

Endeavour juga membawa sejumlah suku cadang, meliputi tangki gas bertekanan tinggi, antena komunikasi S Band, dan peralatan robot Dexter. "Kami punya banyak kargo, suplai, dan suku cadang penting bagi ISS yang perlu dikirim," kata Chamitoff.

Pada saat peluncuran, Kennedy Space Center di Cape Canaveral, Florida, dipadati 500.000 orang. Tak cuma dari kalangan Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dan keluarga astronot, peluncuran terakhir Endeavour ini juga disaksikan para pelajar, di antaranya dari Mendenhall Middle School.

Setelah peluncuran ini, Endeavour akan pensiun dan dimuseumkan di California Science Center, Los Angeles. NASA sendiri tinggal memiliki satu pesawat luar angkasa, Atlantis, yang akan diluncurkan paling cepat Juli nanti dan pensiun setelahnya.

Peluncuran Atlantis akan menandai berakhirnya program pengiriman pesawat ulang-alik oleh NASA. Berakhirnya program itu menyisakan persoalan sebab setidaknya NASA mempekerjakan 2.000 tenaga kontrak.

Source : kompas

noreply@blogger.com (News Today) 18 May, 2011


--
Source: http://www.newsterupdate.com/2011/05/endeavour-meluncur-ke-luar-angkasa.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar