Jumat, 27 Mei 2011

Menkeu: Semua Telah Sepakat

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
Jakarta, Indonesia (News Today) - Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan, RUU Mata Uang akan diusahakan diselesaikan malam ini. "Kalau misalnya ini bisa diselesaikan hari ini, nanti kami tinggal bawa ke forum paripurna (DPR)," ungkap Agus di Bank Indonesia, Jakarta, Selasa (24/5/2011).

Ia menambahkan, semua telah sepakat akan RUU tersebut. "Secara umum, kami sudah koordinasikan dan kami semua sepakat," tambahnya.

Penandatanganan pemerintah di lembar uang rupiah, lanjut dia, akan berlaku mulai Agustus 2014. Agus menyebutkan, keberadaan tanda tangan itu menunjukkan uang tersebut adalah uang sah di Negara Kesatuan Republik Indonesia. "Dan, kalau ada tanda tangan di situ, itu menunjukkan bahwa kalau uang tersebut beredar, Bank Indonesia juga Pemerintah Indonesia menanggung uang itu," ungkapnya.

Menurut Agus, ini merupakan komitmen dari pemerintah untuk ikut menanggung uang tersebut.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi XI DPR Surahman Hidayat pun berpendapat, penandatanganan lembar uang rupiah oleh BI bersama dengan Menteri Keuangan sebagai wakil pemerintah merupakan bentuk koordinasi dalam perencanaan untuk mencetak uang. "Itu untuk keperluan koordinasi saja. Perlu untuk perencanaan dalam pencetakan uang. (Seperti untuk) berapa jumlahnya, termasuk menyangkut jumlah uang kartal yang beredar," sebut Surahman.

Ia menambahkan, pengendalian inflasi harus koordinatif antara BI sebagai otoritas kebijakan moneter dan Menteri Keuangan sebagai otoritas kebijakan fiskal. "Itu (koordinasi) agar efektif, jadi ikut numpang (tanda tangan Menteri Keuangan)," sebut Surahman.

Source : kompas

noreply@blogger.com (News Today) 27 May, 2011


--
Source: http://www.newsterupdate.com/2011/05/menkeu-semua-telah-sepakat.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar