Senin, 30 Mei 2011

Gunung Dieng Siaga, Warga Diungsikan

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
Jakarta, Indonesia (News Today) - Gunung Dieng dinaikkan statusnya menjadi siaga menyusul adanya aktivitas erupsi di Kawah Timbang. Warga yang berada dalam jarang kurang dari 1 kilometer dari kawah akan diungsikan.

Direktur Kesiapsiagaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwonugroho, Senin (30/5/2011) mengemukakan keputusan menaikkan status siaga itu diambil dalam rapat dengan unsur Muspida dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana di Banjarnegara, Jawa Tengah, semalam.

"Kenaikan status kawah timbang di komplek pegunungan Dieng tanggal 29 Mei 2011 pukul 20.45 dinaikkan menjadi siaga (level 3), surat edarannya Nomor 997/45/BGL.V/2011 dari PVMBG sudah dibacakan di hadapan Bupati Banjarnegara oleh petugas PVMBG," kata Sutopo.

Pegunungan Dieng berada di wilayah Kabupaten Batang, Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Kawah yang berada di area Dieng yaitu Sileri, Sinila, Siglagah, Condrodimuko, Sikidang dan Timbang.

Menurut Sutopo, yang mengalami erupsi adalah kawah timbang yang berada di wilayah Kabupaten Banjarnegara. Aliran gas mengalir sejauh 50 meter ke arah selatan. Erupsi bersifat preatik (lumpur, gas, uap) gas di antaranya beracun CO, CO2 yang tidak tampak dan tidak berbau.

Dengan naiknya status itu, radius aman dperluas dri 500 meter menjadi 1000 meter. Warga yang berada di area kurang dari 1000 meter akan dievakuasi pagi ini ke SMA 1 Kecamatan Batur, atau ke kerabat terdekat. Hal itu akan didahului dengan sosialisasi melalui tokoh-tokoh masyarakat.

"Masyarakat diimbau agar tetap tenang, dan tidak tepancing isu terkait aktivitas Gunung Dieng yang tak jelas sumbernya. BNPB telah berkoordinasi dengan PVMBG, Bupati Banjarnegara, BPBD provinsi, BPBD Banjarnegara, dan dinas terkait, Dinkes, Dinsos, Kapolres, Dandim, serta BPBD Wonosobo," papar Sutopo.

Source : kompas

noreply@blogger.com (News Today) 30 May, 2011


--
Source: http://www.newsterupdate.com/2011/05/gunung-dieng-siaga-warga-diungsikan.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar