Jumat, 27 Mei 2011

Taliban Menyerahlah!

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
(News Today) - Sudah kali kedua Presiden Afganistan Hamid Karzai meminta kelompok Taliban untuk menyerah. Karzai ingin Taliban ikut hadir dalam dialog perdamaian. "Sekali lagi, saya meminta Taliban keluar dari sikap militan. Kami memberi kesempatan Taliban untuk kembali ke pembicaraan," begitu pesan Karzai dalam jumpa pers bersama dengan Sekretaris Jenderal Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di Kabul.

Sebagaimana warta Xinhua pada Selasa (24/5/2011), Taliban membangkitkan perlawanan sejak sepuluh tahun silam. Sementara Presiden Karzai membentuk Dewan Tinggi untuk Perdamaian pada September 2010. Dewan ini beranggotakan 70 orang.

Kendati begitu, lagi-lagi, Taliban menolak tawaran Karzai. Kelompok Taliban bersikukuh tak ingin berdialog, sementara pasukan asing masih berada di Afganistan. "Pesan saya kepada musuh-musuh Afganistan sudah jelas. Andai Anda tetap menggunakan kekerasan, Anda tak akan pernah menang," begitu pernyataan Anders Fogh Rasmussen dalam kesempatan tersebut.

Sementara itu, data NATO dan Pemerintah Afganistan menunjukkan, lebih dari 1.700 anggota kelompok perlawanan sudah bergabung untuk diskusi mencari solusi jalan damai. Jumlah itu terhitung sejak dewan terbentuk.
Rasmussen juga mengatakan, transisi tanggung jawab keamanan di Afganistan tetap bakal berlangsung pada Juli tahun ini. Selama masa itu, Abang Sam (AS) akan menarik 140.000 tentaranya. Kelak, pihak keamanan Afganistan akan mengambil alih sedikitnya tujuh wilayah di negara itu. Pengalihan rencananya akan berakhir tahun 2014.

Source : kompas

noreply@blogger.com (News Today) 27 May, 2011


--
Source: http://www.newsterupdate.com/2011/05/taliban-menyerahlah.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar