Kamis, 26 Mei 2011

Soyuz Mendarat, Tinggalkan Endeavour

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
Roket Soyuz TMA 20 yang membawa 3 awak tampak beberapa saat setelah meninggalkan stasiun antariksa dengan latar belakang Bumi dan sayap pesawat ulang alik Endeavour.

(News Today) - Kapsul antariksa Soyuz TMA 20 milik Rusia sukses mendarat di Kazakhstan, Selasa (24/5/11) pagi pukul 06.27 waktu setempat atau 09.25 WIB. Kapsul antariksa itu membawa komandan misi Dmitry Kondratyev, astronot asal Italia Paolo Nespoli, dan astronot NASA Cady Coleman setelah menjalankan misi di International Space Station (ISS) selama 159 hari.

Soyuz TMA 20 berangkat dari ISS pada Senin malam pukul 21.35 GMT atau Selasa pukul 04.35 WIB. Soyuz TMA 20 meninggalkan pesawat ulang alik Endeavour yang saat ini masih parkir di ISS bersama astronotnya. Para astronot Endeavour masih harus melakukan 2 kali misi spacewalk dan riset hingga 1 Juni 2011 mendatang.

Sebelum mendarat, Nespoli sempat mengambil foto Endeavour dan ISS. Pengambilan foto ini sengaja dilakukan untuk mengabadikan momen yang tak mungkin terjadi lagi. Pertama, momen dimana Soyuz akan melakukan pendaratan tapi Endeavour masih parkir di ISS dan kedua adalah momen misi terakhir Endeavour.

Nespoli mengambil foto dari jarak 200 meter. Untuk membantu Nespoli mengambil gambar, ISS sempat dirotasikan 129 derajat. Rencananya, foto akan dipublikasikan besok. Foto akan memperlihatkan Endeavour dan ISS dengan latar belakang Bumi. Menurut NASA, gambar ini lebih untuk kepentingan insinyur NASA daripada artistik.

Pengambilan foto pesawat ulang alik di ISS tergolong langka. Pesawat ulang alik yang terakhir dijepret di ISS adalah Discovery, diabadikan oleh astronot Rusia pada tahun 1995. Discovery diabadikan saat akan meninggalkan stasiun luar angkasa MIR.

Pendaratan Soyuz kali ini menandai berakhirnya Expedition 27. Misi penerbangan ke ISS dengan Soyuz selanjutnya akan dilakukan pada 7 Juni 2011 mendatang. Sementara, setelah misi Endeavour berakhir, NASA hanya memiliki satu lagi misi penerbangan ke ISS, yakni dengan Atlantis. Misi itu menandai berakhirnya era penerbangan pesawat ulang alik AS.

Source : kompas

noreply@blogger.com (News Today) 27 May, 2011


--
Source: http://www.newsterupdate.com/2011/05/soyuz-mendarat-tinggalkan-endeavour.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar