Senin, 30 Mei 2011

Lagarde Pilihan Buruk bagi IMF?

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
Washington (News Today) - Mantan Kepala Ekonom Dana Moneter Internasional (IMF) Simon Johnson menyatakan, Menteri Keuangan Perancis Lagarde Christine merupakan pilihan yang salah untuk mengepalai lembaga keuangan internasional tersebut. Menurutnya, diajukannya Lagarde, agar bisa menolong menyelamatkan zona euro, yang mendukung menkeu Perancis tersebut.

"Ny Lagarde secara eksplisit diajukan sebagai seseorang yang dapat mewakili kepentingan zona euro, pada saat zona euro membutuhkan bantuan," kata Johnson, mantan Kepala Ekonom IMF pada 2007-2008, di blog-nya "The Baseline Scenario", Kamis (26/5/2011).

"Ada cacat desain utama di zona euro, dan Ny Lagarde adalah orang terakhir yang bisa dipilih pemerintah-pemerintah non-Eropa untuk mau ditugaskan membantu menyelesaikan masalah tersebut," katanya.

Johnson, yang juga seorang profesor di Massachusetts Institute of Technology, mengatakan, hancurnya keuangan Yunani, Irlandia, dan Portugal mewakili "cacat desain" tersebut. Hal itu pun menuntut respons strategi yang sulit. "Kepemimpinan zona euro memerlukan sebuah pilihan," katanya.

"Apakah mereka akan berintegrasi lebih lanjut, termasuk memberikan fiskal murah hati kepada mereka yang miskin, negara-negara anggota EU yang kurang dinamis dimana orang-orangnya tidak suka membayar pajak; atau mereka mengeluarkan beberapa negara dari sistem keuangan yang terintegrasi, dengan membuat dua tingkatan partisipasi mata uang euro, sehingga beberapa negara zona euro tidak dapat meminjam dari Bank Sentral Eropa?"

IMF, sebut Johnson, memiliki peran penting, baik nasihat dan banyaknya uang, yang merupakan milik masyarakat internasional.

Johnson mengkritik, strategi Lagarde dalam mempertahankan zona euro menunjukkan strategi judi untuk membangkitkan kembali zona euro dengan uang orang lain. "Mengapa pembayar pajak di Amerika Serikat dan di tempat lain ingin mendukungnya atas dasar ini?" tanyanya.

Johnson mengakui Lagarde mungkin sudah memiliki cukup dukungan untuk menjadi direktur pelaksana IMF. Namun sebagai ketua IMF, sebut dia, hal yang paling mungkin dilakukan Lagarde adalah terus mengucurkan kredit untuk masalah zona euro. Johnson merujuk pada kemungkinan fasilitas pinjaman pencegahan krisis untuk Spanyol, Italia, atau Belgia. "Hal itu bisa membuat IMF untuk meminta para pemegang saham agar menggelontorkan setidaknya 1 triliun dollar AS lagi," tegas Johnson.

Lagarde merupakan calon kuat untuk menggantikan Strauss-Kahn sebagai direktur pelaksana IMF. Selain Lagarde, mantan Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani juga disebut-sebut sebagai salah satu kandidat.

Source : kompas

noreply@blogger.com (News Today) 30 May, 2011


--
Source: http://www.newsterupdate.com/2011/05/lagarde-pilihan-buruk-bagi-imf.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar