Jumat, 20 Mei 2011

Presiden: Saya Kagum dengan Korea

Jakarta, Indonesia (News Today) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengaku kagum dengan keberhasilan Korea Selatan sebagai negara industri. Menurut Presiden, kemajuan negeri ginseng itu mengagumkan karena tak hanya didukung aspek kebijakan, tetapi juga kemauan dari dalam diri yang kuat.

"Saya sendiri kagum dan hormat kepada Korea (Selatan) sebagai bangsa yang sukses. Di samping strategi dan kebijakan ekonomi yang tepat, juga semangat, disiplin, dan kerja keras bangsa Korea yang patut dicontoh," katanya ketika membuka Presidential Lecture Prof Ha-Joon Chang dari University of Cambridge di Istana Negara, Jakarta, Kamis (19/5/2011). Hadir dalam acara tersebut semua menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid II.

Presiden meminta Ha-Joon Chang berbagi pemikirannya mengenai pengalaman Korsel dalam mengembangkan diri menjadi negara industri. Presiden berharap bisa memperoleh pelajaran baru dari pengalaman Korsel sehingga bisa diterapkan di Indonesia.

"Tentu kita akan mengetahui nanti mana-mana yang cocok diterapkan di Indonesia dari keberhasilan di Korea dan mana yang unik untuk Korea sendiri," ujarnya.

Ha-Joon Chang adalah profesor dari Fakultas Ekonomi dan Politik University of Cambridge. Chang juga menjadi konsultan di berbagai organisasi, seperti organisasi-organisasi di bawah koordinasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) serta lembaga ekonomi internasional, seperti World Bank, Asian Development Bank, dan European Investment Bank.

Chang akan menyampaikan Presidential Lecture yang bertajuk "Indonesia Toward an Emerging Economy: Lessons from Korea and Beyond". Presiden mengaku mengetahui pemikiran Chang karena sering membaca buku-buku ekonom terkemuka ini.

"Saya tahu karena saya membaca beberapa buku tulisan beliau, pemikiran Prof Chang tak selalu segaris dengan mainstream dengan para ekonom dunia," tandasnya.

Source : kompas

noreply@blogger.com (News Today) 20 May, 2011


--
Source: http://www.newsterupdate.com/2011/05/presiden-saya-kagum-dengan-korea.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar