Senin, 23 Mei 2011

Satu Keluarga di Sinjai Berjari Kepiting

Ibu Hasnia, Cahya (80) yang merupakan satu dari 15 orang anggota keluarga yang sejak lahir memiliki jari tangan dan kaki terbelah dua layaknya kepiting.

Sinjai, Indonesia (News Today) - Biasanya manusia memiliki 20 jari di tangan dan kaki, namun di sebuah kabupaten di Sinjai, Sulawesi Selatan, satu rumpun keluarga, sejak turun temurun mengalami kelainan pada jari tangan dan kaki. Mulai dari lansia hingga balita dalam rumpun keluarga ini, mempunyai jari-jari mirip kepiting, dengan tiga ruas jari yang hanya terbelah dua.

"Sejak lahir jari ibu saya sudah begitu. Ada cuman terbelah dua ataupun tiga, namun tidak semua anak atau cucu dia memiliki jari seperti kepiting. Seperti saya dan anak saya, alhamdulillah utuh, namun beberapa keluarga saya yang lainnya ada yang utuh dan ada juga yang jarinya seperti kepiting," ujar Hasnia (34) sambil menunjukkan kedua tangannya yang utuh.

Warga asal Dusun Ulutaue, Desa Mario, Kecamatan Mare, Kabupaten Bone ini tidak tahu penyebab kelainan yang diderita keluarganya. Di dalam keluarga itu ada 15 orang yang memiliki jari 'kepiting'. Mereka menganggap hal itu sebagai takdir Tuhan, tanpa pernah malu dengan warga lainnya.

Hasnia bercerita, keluarganya kerap menjadi pusat perhatian masyarakat ketika seluruh anggota keluarga berkumpul bersama. Kendati memiliki keterbatasan, mereka mampu melakukan aktifitas seperti makan, mencuci, bermain dan banyak hal lain layaknya manusia normal yang memiliki 20 jari. "Kalau bekerja seperti manusia normal, memasak, makan, dan sebagainya tidak ada yang terasa ganjil mungkin karena sudah terbiasa," tambahnya.

Source : kompas

noreply@blogger.com (News Today) 23 May, 2011


--
Source: http://www.newsterupdate.com/2011/05/satu-keluarga-di-sinjai-berjari.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar