Minggu, 05 Juni 2011

KA Anjlok, Penumpang Lodaya Diangkut Bus

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
ilustrasi

Bandung, Indonesia (News Today) - Ratusan penumpang kereta api Lodaya pagi dari Bandung dan Solo diangkut dengan menggunakan bus menyusul kejadian anjloknya KA Serayu di Manonjaya Ciamis, Jawa Barat, Minggu (5/6/2011).

"Akibat anjlok di daerah Manonjaya, jalur selatan tak bisa dilalui kereta sehingga penumpang KA Lodaya pagi dari Bandung dan Solo terpaksa dioverstaven (diangkut) dengan bus," kata Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia Daop II Bandung Bambang Setya Prayitno di Bandung.

Penumpang KA Lodaya pagi dari arah Bandung berhenti di Stasiun Tasikmalaya dan diangkut dengan menggunakan bus ke Stasiun Banjar untuk diangkut dengan menggunakan KA Lodaya dari arah timur yang tertahan di Stasiun Banjar.

Demikian juga sebaliknya, penumpang dari KA Lodaya dari arah timur dioverstaven ke Stasiun Tasikmalaya untuk diangkut KA Lodaya yang tertahan di Stasiun Tasikmalaya.

Beberapa KA juga terhambat, salah satunya KA Serayu dari Kroya yang tertahan di Stasiun Ciamis, sedangkan dari arah Jakarta tertahan di Stasiun Indihiang. "Meski jalur terhambat di daerah anjlokan, tetapi tidak ada pengalihan jalur ke utara," kata Bambang.

Sementara itu, KA Serayu nomor 169 Kroya-Jakarta yang tergelincir, dua as atau satu bogie di Kilometer 288-8/9 di antara Ciamis dan Maninjaya sekitar pukul 10.45 WIB. Karena jalur selatan satu rel, kejadian itu praktis menyumbat perjalanan KA di jalur itu.

"KA Serayu mengalami anjlok atau tergelincir adalah kereta K309206 atau gerbong ketiga dari sembilan kereta dalam rangkaian KA itu," kata Bambang.

Kereta yang anjlok itu salah satu asnya tergeser sekitar 50 sentimeter dari rel sehingga membutuhkan proses evakuasi dengan menggunakan alat berat crane yang didatangkan dari Bandung.

Kejadian anjloknya KA Serayu di perbatasan Ciamis dan Tasikmalaya itu merupakan kejadian anjlok kedua di wilayah Daop II Bandung dalam seminggu terakhir. Beberapa hari lalu, KA barang juga mengalami anjlok di Stasiun Ciganea Purwakarta sehingga mengakibatkan terputusnya jalur Bandung-Jakarta.

Penyebab anjloknya KA Serayu masih dalam penyelidikan Tim Internal PT KAI dan Komisi Nasional Keselamatan Transportasi yang diturunkan ke lokasi kejadian," kata Bambang.

Dari kejadian itu tidak menimbulkan korban jiwa, tetapi mengakibatkan hambatan bagi perjalanan KA di jalur selatan.

Kejadian kereta yang anjlok di ruas Tasikmalaya-Bandung jarang terjadi dibandingkan dengan di ruas rel lainnya, seperti Ciawi-Garut dan Bandung-Purwakarta.

Source : kompas

noreply@blogger.com (News Today) 05 Jun, 2011


--
Source: http://www.newsterupdate.com/2011/06/ka-anjlok-penumpang-lodaya-diangkut-bus.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar