Minggu, 05 Juni 2011

Stoner Menangi Balapan Membosankan

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
Catalunya (News Today) - Casey Stoner menunjukkan bahwa dirinya memang layak jadi pemenang di GP Catalunya, Minggu (5/6/11). Setelah merajai tiga sesi latihan bebas selama akhir pekan ini dan start dari posisi dua, pebalap Repsol Honda ini tampil dominan selama balapan 25 lap untuk naik podium nomor satu. Ini adalah kemenangan ketiga Stoner di musim 2011.

Stoner mengalahkan duo Yamaha, Jorge Lorenzo dan Ben Spies, yang finis di urutan 2-3. Sedangkan rekan setim Stoner, Andrea Dovizioso, mengakhiri balapan dengan finis di urutan empat, disusul pebalap Ducati Valentino Rossi dan sang pemegang pole position, Marco Simoncelli.

Ini tentu saja hasil yang menyakitkan bagi "Super Sic", yang sebenarnya sangat kompetitif sejak latihan bebas dan berhasil mengalahkan Stoner pada kualifikasi kemarin. Tetapi start yang buruk membuat Simoncelli harus menerima kenyataan pahit, karena kembali gagal naik podium untuk pertama kalinya sejak melakukan debut di MotoGP pada musim lalu. Sedangkan bagi Spies, hasil di Catalunya menjadi pengobat rasa rindunya untuk mewujudkan impian naik podium, karena akhirnya impian itu jadi kenyataan.

Dengan hasil seri kelima MotoGP 2011 ini, maka komposisi di klasemen sementara sedikit berubah. Lorenzo yang naik podium nomor dua tetap memimpin klasemen dengan total 98 poin, disusul Stoner yang kini tertinggal 7 angka. Dovizioso berhasil naik ke urutan tiga dengan nilai 63, menggeser rekan setimnya, Dani Pedrosa, yang absen pada balapan kali ini karena kondisi fitnya tidak bagus pasca-operas tulang selangka kanan akibat cedera saat kecelakaan di Le Mans, 15 Mei lalu--akibat senggolan dengan Simoncelli.

Jalannya lomba

Saat lampu merah padam tanda balapan dimulai, duo Yamaha, Lorenzo dan Spies, langsung menyodok ke depan. Mereka menyalib sang pemegang pole, Simoncelli, yang terpuruk ke urutan tujuh. Sementara itu, Stoner bisa mempertahankan posisi di urutan dua. Dia hanya kalah dari Lorenzo, dan dibuntuti oleh Spies. Rossi juga melakukan start yang bagus, karena dari urutan tujuh, jagoan Ducati ini melejit ke posisi empat, mengalahkan Dovizioso.

Namun memasuki lap kedua, Stoner yang berjaya selama tiga sesi latihan bebas, mulai menunjukkan dominasinya. Usai melewati Lorenzo, juara dunia 2007 ini langsung unggul cukup jauh karena berselisih lebih dari 0,2 detik. Sedangkan di urutan empat, Rossi dan Dovi saling bergantian mendudukinya.

Memasuki lap keempat, Dovi sudah mulai membuat jarak dengan Rossi, yang ada di depan Simoncelli, diikuti oleh rekan setim Rossi, Nicky Hayden. Sedangkan di bagian depan, Stoner dan Lorenzo secara konsisten menjauh dari kejaran Spies, yang mulai mendapat tekanan dari Dovi.

Stoner, yang sudah membukukan dua kemenangan sepanjang musim 2011, terus menggeber motornya secara maksimal. Pada lap kelima, dia kembali membuat fastest lap, sehingga jaraknya dengan Lorenzo kian lebar menjadi 1,187 detik. Ini membuat balapan yang semula menegangkan mulai agak monoton dan membosankan, karena Stoner tak ada lawan lagi, begitu juga dengan Lorenzo yang nyaman di urutan dua.

Persaingan ketat justru terjadi di bagian belakang. Spies yang menjadi pemimpin rombongan ketiga dan tertinggal 3,779 detik dari Stoner, terus ditempel oleh Dovi, dan Rossi. Simoncelli, yang melakukan start buruk, secara perlahan terus menjauhi Hayden untuk mengancam Rossi. Pada lap kedelapan, Simoncelli tertinggal 1,107 detik dari Rossi.

Pada lap kesembilan, Cal Crutchlow melakukan manuver yang mengesankan karena rookie MotoGP yang memperkuat Yamaha Tech 3 tersebut berhasil melewati Hayden. Pebalap Inggris tersebut melewati juara dunia 2006 ini di lintasan lurus, yang membuatnya naik ke posisi tujuh.

Kembali ke posisi terdepan, Stoner tampaknya tak terbendung lagi untuk menjadi juara. Pebalap Australia tersebut kini unggul 2,497 detik ketika balapan tersisa 13 lap dari total 25 lap. Hanya nasib sial yang bisa menghancurkan ambisinya untuk merengkuh kemenangan ketiga pada musim ini, setelah Qatar dan Le Mans.

Lap ke-13, hujan mulai turun meskipun masih dalam butiran-butiran kecil, dan bendera putih pun dikibarkan. Sejumlah tim sudah mulai mempersiapkan motor kedua mereka, untuk mengantisipasi kemungkinan harus masuk pit. Meskipun demikian, para pebalap belum mau berspekulasi sehingga mereka tak peduli dengan kondisi tersebut. Hanya saja, situasi ini membuat para pebalap mulai berhati-hati.

Namun secara keseluruhan, komposisi di lintasan balapan tidak berubah. Stoner tetap tak tergoyahkan di posisi terdepan dan unggul 2,986 detik atas Lorenzo ketika balapan memasuki lap ke-19. Gap di antara pebalap yang berada di belakang mereka juga cukup jauh, sehingga jarak antara Spies-Dovi-Rossi dan Simoncelli tampak renggang, tak tersaji duel yang menegangkan.

Menjelang balapan usai, di mana tersisa dua lap lagi, Dovi kembali memberikan ancaman kepada Spies. Akan tetapi, tekanan yang diberikan pebalap Italia kepada juara dunia Superbike 2009 itu tak bertahan lama, karena dia kembali tertinggal, sehingga tak ada perubahan sampai balapan seri kelima MotoGP 2011 ini selesai. Stoner jadi pemenang, disusul Lorenzo, Spies, Dovi, Rossi, Simoncelli, Crutchlow dan Hayden.

Selanjutnya, para pebalap akan mempersiapkan diri menghadapi seri keenam di Silverstone, Inggris pekan depan. Diharapkan rekan setim Stoner, Dani Pedrosa, sudah bisa ambil bagian setelah absen di Catalunya akibat sedang dalam proses pemulihan cedera pasca operasi tulang selangka kanan.

- Hasil GP Catalunya, Minggu (5/6/11)

1. Casey Stoner AUS Repsol Honda Team 43m 19.779s
2. Jorge Lorenzo ESP Yamaha Factory Racing 43m 22.182s
3. Ben Spies USA Yamaha Factory Racing 43m 24.070s
4. Andrea Dovizioso ITA Repsol Honda Team 43m 25.034s
5. Valentino Rossi ITA Ducati Marlboro Team 43m 27.150s
6. Marco Simoncelli ITA San Carlo Honda Gresini 43m 31.610s
7. Cal Crutchlow GBR Monster Yamaha Tech 3 43m 46.262s
8. Nicky Hayden USA Ducati Marlboro Team 43m 53.022s
9. Loris Capirossi ITA Pramac Racing Team 44m 2.871s
10. Karel Abraham CZE Cardion AB Motoracing 44m 2.892s
11. Hector Barbera ESP Mapfre Aspar Team 44m 4.003s
12. Alvaro Bautista ESP Rizla Suzuki MotoGP 44m 5.018s
13. Toni Elias ESP LCR Honda MotoGP 44m 18.047s

DNF:
Randy de Puniet FRA Pramac Racing Team
Hiroshi Aoyama JPN San Carlo Honda Gresini

- Klasemen sementara

1. Jorge Lorenzo Yamaha Factory Racing 98
2. Casey Stoner Repsol Honda Team 91
3. Andrea Dovizioso Repsol Honda Team 63
4. Dani Pedrosa Repsol Honda Team 61
5. Valentino Rossi Ducati Marlboro Team 58
6. Nicky Hayden Ducati Marlboro Team 47
7. Hiroshi Aoyama San Carlo Honda Gresini 36
= Ben Spies Yamaha Factory Racing 36
9. Marco Simoncelli San Carlo Honda Gresini 32
10. Cal Crutchlow Monster Yamaha Tech 3 30
11. Hector Barbera Mapfre Aspar Team 26
12. Karel Abraham Cardion AB Motoracing 24
13. Colin Edwards Monster Yamaha Tech 3 21
14. Toni Elias LCR Honda MotoGP 20
15. Loris Capirossi Pramac Racing Team 16
16. Alvaro Bautista Rizla Suzuki MotoGP 11
17. Randy de Puniet Pramac Racing Team 6
= John Hopkins Rizla Suzuki MotoGP 6

Source : kompas

noreply@blogger.com (News Today) 05 Jun, 2011


--
Source: http://www.newsterupdate.com/2011/06/stoner-menangi-balapan-membosankan.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar