Rabu, 22 Juni 2011

Kenapa Makanan Sehat Kurang Menarik?

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
(News Today) - Masalah terbesar yang dimiliki oleh makanan sehat adalah jarang orang menyukainya. Tidak terkecuali perut kita. Penelitian menunjukkan perut mengirim sinyal "kurang puas" setelah kita menyantap makanan sehat.

Sebaliknya, setelah makanan yang sering dianggap kurang sehat, saraf kita mengirimkan sinyal rasa kenyang dan kepuasan. Demikian hasil riset yang dilakukan oleh Alia Crum dan timnya dari Yale University.

Dalam penelitiannya, Crum merekrut 46 partisipan yang diberitahu mereka dites untuk mengetahui respons tubuh pada dua minuman milkshake yang didesain dengan kandungan variasi nutrisi.

Padahal faktanya, minuman tersebut memiliki kandungan sama, tetapi satu minuman dideskripsikan tinggi lemak dan mengandung 620 kalori. Minuman ini diberi label "yang baik" dan dipromosikan "layak untuk diminum". Sementara itu, minuman satu lagi dideskripsikan rendah lemak dengan 140 kalori. Dalam label disebutkan "memberi kepuasan tanpa rasa bersalah".

Para partisipan diminta merasakan kedua milkshake dalam dua minggu secara terpisah sehingga mereka mampu membedakannya. Faktanya, setiap milkshake mengandung 380 kalori.

Kemudian, para peneliti mengambil contoh darah partisipan untuk mengetahui level ghrelin, hormon yang akan meningkat jika kita merasa lapar dan saat kenyang levelnya menurun. Ternyata, level ghrelin stabil ketika partisipan mengonsumsi minuman yang diberi label sehat. Ini berarti tubuh mereka tidak mengirim sinyal rasa puas atau kenyang setelah minum milkshake tersebut.

Para ahli menyimpulkan, ketika kita yakin telah mengonsumsi makanan yang rendah kalori, tubuh akan mengirim sinyal bahwa kita kurang puas dan masih lapar.

Source : kompas

noreply@blogger.com (News Today) 23 Jun, 2011


--
Source: http://www.newsterupdate.com/2011/06/kenapa-makanan-sehat-kurang-menarik.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar