Rabu, 22 Juni 2011

Wah! Narkoba Jadi Bidang Studi

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
Sidrap (News Today) - Sebagai bentuk antisipasi dan upaya meminimalisasi penggunaan narkoba di kalangan pelajar di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, rencananya pada tahun ajaran yang akan datang, sebuah mata pelajaran baru akan diikutkan sebagai muatan lokal.

Mulai akhir bulan Juni ini, para siswa dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas akan mendapat mata pelajaran muatan lokal baru, yakni Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P3GN).

Penetapan mata pelajaran baru tersebut sebagai tindak lanjut dari Undang-Undang Nomor 35 tentang Narkotika, serta kebijakan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yassin Limpo perihal Kurikulum Muatan Lokal Napza (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif lain), dan HIV/AIDS.

Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kabupaten Sidrap yang ditunjuk Pemerintah Kabupaten Sidrap untuk menyosialisasikan wacana tersebut pun mulai menggencarkan pemberitahuan ke seluruh sekolah, utamanya kepada guru yang akan ditunjuk untuk membawakan mata pelajaran bidang studi P3GN tersebut.

"Sosialisasi dan workshop kami intensifkan untuk menyebarkan wacana penerapan mata pelajaran baru tersebut," kata Kepala Dinas Sosial Sidrap H Andi Baharuddin kepada Kompas.com, Selasa (21/6/2011) siang tadi.

Melalui sosialisasi dan workshop kepada para guru yang digencarkan pihaknya, diharapkan bisa menjadi tenaga pendidik sehingga lebih memudahkan mereka nantinya saat memaparkan materi mata pelajaran P3GN di hadapan para siswa.

"Tujuan akhirnya untuk menyelamatkan potensi generasi muda atau anak usia sekolah dari ancaman narkoba dan HIV/AIDS," kata Baharuddin.

Pencanangan P3GN sebagai mata pelajaran baru bermuatan lokal akan dilakukan bersamaan dengan Hari Antinarkoba Internasional pada tanggal 26 Juni 2011 mendatang.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Sidrap H Rusdi Masse mengaku, pemerintah menyambut baik rencana pemberlakuan mata pelajaran baru di sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Sidrap, yang diharapkan bisa sebagai perisai guna melindungi dan menyelamatkan generasi muda, khususnya anak usia sekolah, dari ancaman narkoba dan HIV/AIDS.

"Ada sekitar 75.493 anak di Sidrap yang saat ini mengikuti pendidikan formal di seluruh wilayah Kabupaten Sidrap. Dengan diikutkannya P3GN sebagai salah satu mata pelajaran bidang studi, diharapkan para generasi muda bisa lebih mengetahui dampak dan bahaya penggunaan narkoba yang di antaranya sebagai penyebab meluasnya HIV/AIDS," tandasnya.

Source : kompas

noreply@blogger.com (News Today) 22 Jun, 2011


--
Source: http://www.newsterupdate.com/2011/06/wah-narkoba-jadi-bidang-studi.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar