Kamis, 23 Juni 2011

Ini Lokasi Pengaturan Pelat Nomor Ganjil-Genap

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
Sejumlah kendaraan terjebak macet di Jalan Gajah Mada, Kawasan Glodok, Jakarta Barat, Minggu (23/1/2011).

Jakarta, Indonesia (News Today) - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono mengatakan, jalan-jalan 3 in 1 menjadi salah satu jalan yang akan diterapkan pembatasan kendaraan melalui pelat nomor ganjil-genap. Hal ini dilakukan lantaran jalan 3 in 1 sebagian besar sudah terlebih dulu dilalui lintasan busway.

"Jalur 3 in 1 yang paling memungkinkan karena itu sudah ada jalur busway," ujar Pristono, Kamis (23/6/2011), saat dihubungi wartawan.

Ruas jalan 3 in 1 itu meliputi Jalan Sisingamaraja, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan MH Thamrin, Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Majapahit, Jalan Gajah Mada, Jalan Pintu Besar Selatan, Jalan Pintu Besar Utara, Jalan Hayam Wuruk, dan sebagian Jalan Gatot Subroto. Namun, wacana pembatasan kendaraan melalui pelat nomor ini diakui Pristono harus dilakukan kajian dan persetujuan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo terlebih dulu.

"Untuk kepastian, saya masih harus lakukan pemaparan terlebih dahulu di hadapan Gubernur. Namun, rencana awalnya demikian," katanya.

Sebelumnya, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Royke Lumowa mengatakan, uji coba kebijakan ini ditargetkan terlaksana pada Agustus 2011. Setelah itu, pada bulan Oktober atau November 2011, pembatasan melalui pelat nomor ganjil-genap bisa dipermanenkan.

Saat pelaksanaannya, Royke memastikan bahwa petugasnya akan berupaya keras mengawasi setiap kendaraan roda empat yang melintas. "Capek memang pengawasan manual itu. Biar sampai melet-melet petugas saya, asal diberi kepercayaan (kita siap)," ucap Royke.

Ia optimistis pembatasan melalui pelat nomor ganjil-genap mampu mengurai 50 persen kemacetan di jalur-jalur protokol di Jakarta. Namun, apabila pembatasan ini ingin sesukses China dan negara-negara Eropa, pengadaan STNK elektronik merupakan suatu keharusan.

"Jika sudah ada STNK elektronik, maka orang tidak akan bisa memodifikasi pelatnya. Karena sudah terekam dalam chip nomor pelatnya. STNK elektronik itu akan tertempel dengan kendaraan. Kalau dia melintas, pasti akan terdeteksi ganjil-genapnya oleh alat sensor," tandas Royke.

Source : kompas

noreply@blogger.com (News Today) 24 Jun, 2011


--
Source: http://www.newsterupdate.com/2011/06/ini-lokasi-pengaturan-pelat-nomor.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar