Rabu, 25 Mei 2011

Belum Seminggu, Lajur Sepeda Diisi Bajaj

Dua mobil pribadi tampak parkir sembarangan di lajur khusus sepeda yang melintas Jl. Melawai Raya.

Jakarta, Indonesia (News Today) - Belum genap seminggu diresmikan, lajur sepeda dari kawasan Taman Ayodia menuju ke Jalan Melawai Raya sudah diserobot bajaj yang ngetem. Itulah pemandangan yang terlihat pada lajur sepeda di depan Gereja Santo Yohanes Penginjil, Melawai, Jakarta Selatan.

"Itu kan wilayah Wali Kota Jakarta Selatan. Harusnya Wali Kota yang tertibkan karena kebetulan kan ketuanya Pak Wali Kota juga," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono ketika dihubungi wartawan, Rabu (25/5/2011).

Ia mengaku sudah menginstruksikan kepada petugasnya untuk mengawasi lajur khusus sepeda agar steril dan tidak dilalui kendaraan lainnya selain sepeda. Sebenarnya, rambu-rambu telah dipasang oleh pemerintah agar pengendara lain tahu bahwa ada lajur sepeda. Lajurnya pun diberi warna berbeda, yaitu berwarna hijau.

"Kalau memang masih ada yang mangkal di sana, walaupun sudah jelas rambu-rambunya, harusnya Wali Kota Jakarta Selatan yang menertibkan," katanya.

Pemerintah Kota Jakarta Selatan bertekad akan mengambil tindakan terhadap bajaj yang ngetem di lajur khusus sepeda dari Taman Ayodia sampai ke Jalan Melawai Raya. Wali Kota Jakarta Selatan Syahrul Effendi bahkan menyatakan akan menilang bajaj yang ngetem di sepanjang lajur khusus sepeda.

Tindakan bajaj menyerobot jalur khusus sepeda itu dianggap melanggar Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas. Meski begitu, Pemkot Jakarta Selatan akan mengedepankan sosialisasi terlebih dulu selama sebulan sebelum menjatuhkan hukuman.

Menurut Syahrul, sulit mengubah kebiasaan sopir bajaj yang mau menangnya sendiri. Karena itu, pihaknya menerjunkan petugas Satpol PP dan Sudin Perhubungan Jakarta Selatan untuk memantau lapangan. Ia mengaku memerintahkan petugas dua instansi tersebut mengusir paksa pemilik bajaj yang ngetem di lajur khusus sepeda.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, tidak hanya bajaj yang mangkal. Berderet mobil pribadi pun parkir di sepanjang Jalan Melawai Raya yang dipenuhi deretan toko. Banyaknya pengunjung berkendaraan pribadi ini tidak diimbangi dengan lahan parkir yang memadai. Akibatnya, lajur baru khusus sepeda digunakan untuk memarkirkan mobil.

Source : kompas

noreply@blogger.com (News Today) 25 May, 2011


--
Source: http://www.newsterupdate.com/2011/05/belum-seminggu-lajur-sepeda-diisi-bajaj.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar