Rabu, 25 Mei 2011

Spacewalk Kedua Selesai Dilakukan

(News Today) - Setelah melalui rintangan berat, dua astronot Endeavour, Drew Feustel dan Mike Fincke berhasil menyelesaikan misi spacewalk kedua dalam misi Endeavour atau ke 157 dalam sejarah. AFP melaporkan, misi spacewalk kedua ini ditempuh dalam jangka waktu 8 jam 7 menit, selesai pada pukul 14.12 GMT atau pukul 21.12 WIB.

Dalam spacewalk ini, dua astronot berhasil menuntaskan seluruh tugasnya, mulai dari menambah ammonia pada sistem pendingin, meninginstal balok penyimpan di sistem penyangga utama, melumasi sambungan panel surya (Solar Alpha Rotary Joint) dan Dextre, salah satu lengan robot International Space Station (ISS).

Greg Charmitoff yang turut melakukan spacewalk pertama Jumat (20/5/11) kemarin menjadi koordinator komunikasi antara ISS dengan Pengendali Misi di Houston, Amerika Serikat, sekaligus mengontrol seluruh kegiatan spacewalk kedua yang dijalankan Fincke dan Feustel.

Penambahan ammonia dalam spacewalk kedua ini berjalan lancar, namun upaya pelumasan sambungan panel surya menghadapi masalah. Baut yang menjaga penutup sambungan panel surya itu lepas sehingga astronot hanya diperintahkan membuka 4 dari 6 penutup yang semula direncanakan.

Selanjutnya, sambungan panel surya dirotasi secara parsial untuk meratakan pelumas. Lebih lanjut, Feustel menginstal kamera pada robot Dexter dan memberikan pelumas pada salah satu lengan robot tersebut. Sebelum melakukan pelumasan tahap kedua, Fincke juga berhasil menginstal balok penyimpan di dekat tiang penyangga.

Selain Feustel dan Fincke, astronot lain yang berada di ISS, seperti Greg Johnson, Cady Coleman dan Roberto Vittori juga berperan membantu spacewalk kedua ini. Vittori misalnya, menghabiskan waktu untuk mentransfer suplai dan peralatan dari Endeavour ke ISS dan area penyimpanan. Sementara bagi Coleman, misi spacewalk kedua ini adalah hari terakhirnya di ISS sebelum kembali dengan pesawat Soyuz hari ini.

Seperti dilaporkan CNN, spacewalk kedua yang dijalani oleh astronot Endeavour ini mencetak rekor sebagai spacewalk terlama keenam sepanjang sejarah. Rencananya, spacewalk ketiga akan dilakukan pada hari Rabu (25/5/11). Sebanyak 4 spacewalk akan direncanakan dalam misi terakhir pesawat ulang alik Endeavour ini.

Source : kompas

noreply@blogger.com (News Today) 26 May, 2011


--
Source: http://www.newsterupdate.com/2011/05/spacewalk-kedua-selesai-dilakukan.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar