Rabu, 25 Mei 2011

Ulat Bulu Raksasa Serang Gunung Kidul

Sedikitnya 2 hektar tanaman jambu monyet di Kecamatan Semanu diserang ulat bulu berukuran sebesar jari tangan orang dewasa.

Gunung Kidul, Indonesia (News Today) - Ribuan ulat bulu berukuran jari tangan orang dewasa dan berwarna hitam kecoklatan menyerang sedikitnya 2 hektar tanaman jambu monyet di Desa Ngeposari, Kecamatan Semanu.

Pantauan di lokasi, ribuan ulat bulu memakan dedaunan pohon jambu hingga habis. Banyak pohon jambu yang sudah tidak berdaun ludes dimakan ulat bulu.

Sastro (50), petani setempat, mengatakan, sudah sepekan ribuan ulat bulu itu menyerang tanaman jambu monyet dan tanaman lain di sekitarnya.

"Ulat bulu itu berukuran lebih besar dari ulat bulu yang biasanya menyerang tanaman jambu monyet ini," kata Sastro, Senin (23/05/2011).

Sastro dan petani lain hanya bisa pasrah menyaksikan tanaman mereka digerogoti ulat yang mampu berkembang biak secara cepat tersebut. Bahkan, serangga gatal itu dengan leluasa berkembang biak dengan cepat.

"Kami bingung mau membasmi pakai apa kalau segini banyaknya sebab kalaupun dibakar, kami khawatir bulunya membuat kami gatal-gatal," ujarnya.

Sastro dan sejumlah petani lain berharap dinas terkait, baik Dinas Pertanian maupun Dinas Kehutanan dan Perkebunan Gunung Kidul, segera mengambil tindakan guna memusnahkan ulat bulu tersebut.

Source : kompas

noreply@blogger.com (News Today) 25 May, 2011


--
Source: http://www.newsterupdate.com/2011/05/ulat-bulu-raksasa-serang-gunung-kidul.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar