Selasa, 24 Mei 2011

Berlusconi "Bayar Mafia Rp 4,1 Miliar"

Giovanni Brusca mengemukakan kepada pengadilan di Roma, Italia, bahwa PM Berlusconi membayar sejumlah uang kepada para pemimpin mafia sebagai uang perlindungan.

Roma, Italy (News Today) - Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi membayar para pemimpin mafia sebesar 600 juta lira atau Rp 4,1 miliar setahun sebagai uang perlindungan, kata seorang informan mafia kepada pengadilan di Roma, sebagaimana dilansir Telegraph, Minggu (22/5/2011). Berlusconi (74) telah lama dituduh terkait dengan mafia sejak ia memulai karier bisnisnya lebih dari 30 tahun lalu.

Giovanni Brusca (54), yang dikenal sebagai il Porco (Si Babi), menjadi seorang informan setelah penangkapannya tahun 1996. Ia mengatakan kepada pengadilan bahwa Berlusconi telah membayar "agar segala sesuatunya lancar". Brusca, yang bersaksi dalam kasus dua polisi Italia yang dituduh korupsi, menyampaikan hal itu di sebuah ruang sidang pengadilan di Roma, tempat persidangan terhadap dua polisi itu digelar.

Dia mengatakan, "Pada awal tahun 1980-an, mafia melalui Stefano Bontade (seorang pemimpin mafia di Palermo, Sisilia) menginvestasikan banyak uang melalui Berlusconi. Saya kemudian mendengar melalui berbagai orang bahwa Berlusconi membayar pizzo (uang perlindungan). Itu sekitar 600 juta lira per tahun. Semuanya terkait dengan kegiatan bisnisnya di Sisilia."

Brusca menambahkan, uang dari Berlusconi kemudian disetor kepada pemimpin mafia, Toto Riina, setelah Bontade ditembak mati oleh seorang pesaingnya pada hari ulang tahunnya yang ke-42, tahun 1981. Brusca mengatakan, "Ia (Berlusconi) kemudian berhenti membayar sehingga kami harus mengatur serangan sehingga ia mulai membayar lagi."

Brusca tidak merinci apa yang ia sebut sebagai "serangan" tersebut. Namun, hal itu diperkirakan sebuah serangan bom tahun 1986 di sebuah vila di Milan tempat Berlusconi dulu tinggal. Serangan bom itu menyebabkan kerusakan kecil.

Brusca, yang mengaku telah membunuh "antara 100 dan 200 orang", memberikan kesaksian dari balik layar dan dikelilingi para petugas polisi yang mengenakan topeng hitam. Dia dihukum atas kasus pembunuhan dengan bom mobil tahun 1992 terhadap seorang hakim antimafia, Giovanni Falcone. Ia juga memerintahkan penculikan terhadap putra seorang mafia yang masih berusia 11 tahun. Ia kemudian membunuh bocah itu.

Dugaan keterkaitan Berlusconi dengan mafia bermula pada tahun 1970-an ketika ia memulai sebuah perusahaan bangunan di Milan. Teman dekatnya, Senator Sisilia, Marcello Dell Utri, telah dihukum karena terkait dengan mafia. Berlusconi selalu membantah keterkaitannya dengan mafia. Ia berkeras, satu-satunya urusan pribadinya dengan mafia adalah ketika terungkap bahwa mafia berencana menculik putranya, Piersilvio, tahun 1970-an.

Selama tahun 1970-an, Berlusconi mempekerjakan seorang manajer istal bernama Vittorio Mangano di rumahnya. Mangano adalah tokoh mafia dari Palermo yang kemudian dihukum karena dua kasus pembunuhan dan meninggal di penjara sebelas tahun lalu. Berlusconi selalu mengatakan, ia tidak tahu bahwa Mangano, selama bekerja dengannya, terkait dengan mafia.

Source : kompas

noreply@blogger.com (News Today) 24 May, 2011


--
Source: http://www.newsterupdate.com/2011/05/berlusconi-bayar-mafia-rp-41-miliar.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar