Senin, 23 Mei 2011

Anis Matta: DPR Memang Perlu Direformasi

Jakarta, Indonesia (News Today) - Wakil Ketua DPR Anis Matta menilai, lembaga yang dipimpinnya memang membutuhkan momen reformasi pascasejumlah kasus yang membuat citra DPR memburuk di mata publik. Oleh karena itu, fraksinya memulai dengan membentuk tim untuk memikirkan langkah reformasi parlemen ke depannya sehingga parlemen bisa dipandang sebagai lembaga yang terhormat.

"Sebenarnya, wajar saja orang memerhatikan DPR. Ini kan lembaga publik, lembaga politik. Kalau saya lebih konsen ini diserahkan kepada fraksi. Kami akan membentuk tim yang namanya reformasi parlemen. Kami ingin merangkai satu konsep reformasi di Dewan secara keseluruhan," ujarnya di Gedung DPR, Jumat (20/5/2011).

Menurut dia, jika berjalan dengan baik di dalam fraksi, PKS akan membawa gagasan ini ke pembahasan revisi UU MPR, DPR, DPD, dan DPRD mendatang. Anis mengaku ide ini belum dibicarakan mendalam. Pembahasan baru pada taraf ide dasar. Namun, yang pasti, gagasan ini akan mencita-citakan parlemen yang lebih transparan kepada publik.

"Contohnya masalah kunjungan kerja ke luar negeri. Ini, kan, masalah perlu tidak perlu. Kita nanti bisa mengusulkan dalam rangka meningkatkan transparansinya, ajak saja wartawan," tambahnya.

Namun, Sekjen PKS ini mengakui bahwa kritik yang disampaikan publik selama ini kepada Dewan tentu saja berguna untuk perbaikan kualitas wakil rakyat ke depannya. Anis mengaku tidak memandangnya dengan sinis. "Saya tidak memandang itu secara apriori, apalagi di belakangnya ada kepentingan politik tertentu," tandasnya.

Source : kompas

noreply@blogger.com (News Today) 23 May, 2011


--
Source: http://www.newsterupdate.com/2011/05/anis-matta-dpr-memang-perlu-direformasi.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar