Minggu, 22 Mei 2011

Wah! 9 Ton Kulit Kepala Sapi Dibakar

Kulit sapi yang disita Balai Karantina Pertanian Kelas I Semarang, dikumpulkan untuk kemudian dimusnahkan.

Semarang, Indonesia (News Today) - Berpotensi disalahgunakan untuk pembuatan bahan makanan krupuk krecek, sebanyak 9 ton kulit kepala sapi mentah garaman yang diimpor dari negara Austria dimusnahkan.

Pemusnahan barang yang diimpor oleh CV Sinar Mandiri, Jawa Timur, dilakukan di instalasi karantina hewan (IKH) Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Semarang, di Jalan Ratan Cilik, Karangroto, Kecamatan Genuk, Kota Semarang, Kamis (19/5/2011).

Kulit sapi yang sudah mengeluarkan bau tidak sedap dan tercium hingga jarak sekitar 10 meter itu dimusnahkan dengan cara dibakar di dalam lubang berukuran besar untuk kemudian dipendam dalam tanah.

Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Semarang Sugiyanta, yang ditemui seusai pemusnahan, menjelaskan, dalam barang bukti sitaan yang diamankan terdapat ketidaksesuaian antara dokumen dan kenyataan.

"Dalam dokumen disebutkan, barang impor merupakan kulit sapi untuk bahan pakaian. Tapi, dalam pemeriksaan kita temukan kulit kepala sapi. Padahal, barang itu dilarang Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebagai daerah tujuan," ujarnya.

Pelarangan impor kepala sapi, tambah Sugiyanta, dilakukan karena kulit kepala sapi dapat terindikasi untuk pembuatan krupuk krecek. Atas pelarangan yang ada, Sugiyanta menjelaskan, barang yang sampai di Pelabuhan Internasional Tanjung Emas, Semarang, Senin (14/3/2011) lalu, ini langsung diamankan untuk kemudian dikembalikan ke negara asal barang tersebut.

"Setelah importir tidak mau mengembalikan barang ke negara asal, maka kita melakukan pemusnahan," ujarnya.

Pemusnahan, imbuh dia, dilakukan untuk meminimalisasi potensi penyebaran hama penyakit hewan karantina sejenis penyakit kuku dan mulut ke hewan di Jawa Tengah. "Terkait impor barang terlarang ini, pihak importir tidak dikenakan sanksi dan hanya terkena kerugian pembelian dan biaya pengiriman barang yang kita musnahkan," ujarnya.

Source : kompas

noreply@blogger.com (News Today) 23 May, 2011


--
Source: http://www.newsterupdate.com/2011/05/wah-9-ton-kulit-kepala-sapi-dibakar.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar